Kamis, 30 Maret 2017

Dua Belas Prinsip Animasi pada Animasi Mickey Mouse


    Dua belas prinsip animasi pertama kali dikenalkan oleh dua orang animator Disney yaitu Ollie Johnston dan Frank Thomas didalam bukunya yang berjudul The Illusion of Life: Disney Animation pada tahun 1981. Dua belas prinsip animasi bisa dikatakan sebagai konsep dasar dalam pembuatan animasi, prinsip-prinsip animasi tersebut berfungsi sebagai pendukung agar animasi yang dibuat akan menjadi lebih menarik dan memiliki keindahan dengan gerakan yang alami dan terkesan nyata. Berikut ini adalah dua belas prinsip animasi tersebut pada animasi mickey mouse :

1. Solid Drawing

    Solid drawing adalah kemampuan menggambar yang baik dan benar. Dalam membuat komposisi gambar secara baik dan terlihat hidup. Sebuah objek atau gambar dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki karakteristik sebuah objek (volume, pencahayaan, dan konsistensi kualitas gambar, bentuk, dan karakter). Contohnya pencahayaan pada Mickey saat berjalan terdapat bayangan yang mengikutinya diakibatkan pantulan cahaya.

2. Timing


    Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan. Ketepatan membuat pengaturan waktu akan memberikan kesan yang tepat pada karakter sebuah benda atau orang bahkan mampu memberikan informasi emosi karakter. Contohnya ketika monster Donald yang sedang berlari dari jarak jauh lalu mendekat dan berhenti.

3. Squash and Stretch

    Squash and stretch bisa membuat benda-benda hidup atau benda mati dibuat seolah-olah hidup, menjadi lebih ekspresif dan “bernyawa”, bergerak dengan lebih realistis. Ketika objek sedang dalam gerakan mengkerut dan melonggar volumenya akan tetap sebaliknya ukuranya kelihatan berubah. Contohnya ketika Mickey terjatuh lalu tertahan oleh kursi dan kursi itu seakan-akan memuai.

4. Anticipation

    Anticipation adalah sebuah awalan gerak atau ancang-ancang, membuat setiap gerakan secara berurutan sehingga dapat dinikmati dan dimengerti oleh penonton. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu. Contohnya ketika Mickey yang sedang ingin mengancang-ancang untuk berlari.

5. Slow In and Slow Out

    Slow in and slow out merupakan pengaturan timing dan staging dalam suatu scene ke scene. Ada gerakan melambatkan di saat memulai sesuatu dan melambat ketika suatu objek diakhir gerakan. Contohnya ketika Mickey yang sedang menarik Minnie.

6. Arcs

    Gerak lengkung adalah gerakan alami pada semua objek yang ada di bumi ini. Setiap kita bergerak pada dasarnya adalah gerakan lengkung. Hal ini akan memberikan kesan dinamis pada pergerakan. Contohnya adalah disaat motor yang dikendarai oleh Mickey melakukan jumping atau lompatan yang seolah-olah melengkung.

7. Secondary Action

    Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama dan sebagai gerakan pendukung suatu ekspresi atau aksi agar lebih terlihat jelas. Contohnya ketika Mickey dan Donald sedang berjalan menggerakan kedua tangannya yang seakan nampak realistik.

8. Follow Through and Overlapping Action

    Bila suatu karakter dalam sebuah scene berhenti bergerak dia tidak akan berhenti secara tiba-tiba. Diperlukan penghitungan timing yang tepat, pada saat tubuh dari karakter berhenti dari suatu arah gerakan tertentu secara tiba-tiba Misalnya semua bagian elemen padah tubuh karakter tersebut tidak serta-merta berhenti tapi akan melanjutkan arah gerak semula sedangkan overlapping action adalah gerakan karakter yang berubah arah pada saat bagian elemen karakter akan melanjutkan gerakan awal karakter sehingga terjadi tabrakan gerakan. Contohnya ketika kuncir pada topi yang dikenakan oleh Donald sedang bergerak mengikuti gerakan Donald dan Mickey yang sedang berpegangan tangan sambil berputar.

9. Straight Ahead Action and Pose to Pose

    Pada metode straight ahead animator akan menggambar secara spontan gambar demi gambar setelah mengetahui story point. Dalam metode pose to pose animator bekerja lebih terencana dalam  membuat gambar, gerakan, ukuran sedini mungkin sejak awal sebelum mulai menggambar. Contohnya ketika Mickey dan Donald sedang berlari.

10. Staging


    Staging dalam animasi meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene. Biasanya berkaitan dengan posisi kamera pengambilan gambar. Contohnya perubahan mood Mickey yang sedang marah tapi ketika disapa oleh Minnie tiba-tiba menjadi ramah dan baik lalu moodnya berubah kembali menjadi marah.

11. Appeal

    Suatu kualitas dimana orang dapat menikmati suatu gambar yang memikat, desain bagus, komunikatif dan memiliki magnet. Sebuah karakter animasi harus memiliki daya tarik, tidak berarti hanya menjadi lucu atau imut tapi sebuah karakter yang mampu menarik perhatian mata pemirsa. Contohnya karakter Mickey yang sedang ceria atau bahagia.

12. Exaggeration

    Exaggeration adalah prinsip yang membuat gambar dalam suatu aksi menjadi lebih meyakinkan atau lebih terlihat lucu. Exaggeration merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis yang dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat sebagai bentuk ekstrimitas ekspresi tertentu dan biasanya digunakan untuk keperluan komedi. Contohnya ketika Mickey yang tubuhnya ditarik lalu Mickey berpegangan pada benda sehingga tubuhnya memanjang atau elastis karena tertarik oleh benda yang menariknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar