Kamis, 19 November 2015

Bekerjasama Dalam Team (Kelompok)

1. Pengertian dan Karakteristik Kelompok

            Pengertian Kelompok
Sebagai makhluk sosial,manusia cenderung hidup dengan cara berkelompok.Berbagai kelompok manusia bisa ditemukan di atas permukaan bumi ini.Dasar pandangan dalam membentuk kelompok itu sendiri bisa berdasarkan dari berbagai macam hal,mulai dari kelompok orang yang mempunyai hobi yang sama,aktivitas yang sama,sampai kelompok orang yang berasal dari suatu daerah yang sama.
Kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama,meyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi.

            Karakteristik kelompok
  • Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik secara verbal maupun non verbal
  • Anggota kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui menjadi anggota suatu kelompok
  • Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota
  • Kelompok secara bersama dan berfungsi sebagai suatu unit
  • Anggota kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama
  • Individu yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya 

2. Tahapan Pembentukan Kelompok
Model pembentukan suatu kelompok pertama kali diajukan oleh Bruce Tuckman (1965).Teori ini dikenal sebagai salah satu teori pembentukan kelompok yang terbaik dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah kosep ini dicetuskan.

  • Tahap 1 – Forming
Pada tahap ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas.Anggota kelompok cenderung untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun mereka belum saling mengenal dan belum saling percaya.

  • Tahap 2 – Storming

Kelompok mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi.Mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka selesaikan.Anggota kelompok saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan perspektif mereka masing-masing.Pada beberapa kasus,tahap storming cepat selesai,namun ada pula yang mandenk pada tahap ini.

  • Tahap 3 – Norming

Terdapat kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok.Peranan dan tanggung jawab telah jelas.Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain seiring dengan mereka melihat kontribusi masing-masing anggota untuk kelompok.

  • Tahap 4 – Performing

Kelompok dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa ada konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal.Anggota kelompok saling bergantung satu sama lainnya dan mereka saling respect dalam berkomunikasi.

  • Tahap 5 – Adjourning dan Transforming

Tahap dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri.Kelompok bisa saja kembali pada tahap manapun ketika mereka mengalami perubahan.

3. Kekuatan Team Work
Teamwork atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya.
Berikut poin-poin teamwork yang baik :
  1. Teamwork adalah kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan
  2. Sama-sama bekerja bukanlah teamwork itu adalah kerja individual
  3. Filosofi teamwork:‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa’
  4. Ketika berada dalam teamwork,segala ego pribadi,sektoral,departemen harus disingkirkan
  5. Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama bukan individual
  6. Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai tambah namun bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian
  7. Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama
  8. Jika setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing maka target korporasi pasti akan segera terealisasi
  9. Individu yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team
  10. Keahlian masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat proses pencapaian target
  11. Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemboikotan kerjasama
  12. Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team,realisasi target tidak perlu waktu yang lama
  13. Ingatlah selalu bahwa:‘teamwork makes the dream work’

4. Implikasi Manajerial
Untuk meningkatkan efektifitas teamwork dalam sebuah perusahaan memerlukan teamwork yang baik antara bagian dan divisi dalam perusahaan tersebut agar perusahaan itu dapat berkembang dan bergerak maju dengan lebih cepat.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar