Minggu, 27 September 2015

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

1. Pengertian Organisasi


            Organisasi adalah suatu kerjasama kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.Organisasi yaitu suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
  • Wadah maksudnya adalah sekelompok manusia untuk saling bekerjasama
  • Proses maksudnya adalah pengelompokkan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien
Pengertian organisasi yang sudah dikemukakan oleh beberapa ahli :
  • Menurut Stoner organisasi adalah suatu pola hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan manajer untuk mengejar tujuan bersama.
  • Menurut James D.Mooney organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Menurut Chester I.Bernard organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Menurut Stephen P.Robbins organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif terus-menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Manfaat dalam berorganisasi :
- Membantu untuk menambah link/networking
- Dapat meningkatkan rasa percaya diri
- Dapat memudahkan untuk dikenal orang banyak
- Belajar untuk mengatur waktu
- Belajar menjadi seorang yang pemimpin
- Sebagai ajang mencari jati diri
- Tempat untuk bekerjasama dengan satu sama lain
- Mudah untuk beradaptasi dengan siapapun
- Kemampuan untuk melatih problem solving dan manajemen konflik



Referensi :
Widyatmini & Izzau.A,Pengantar organisasi & metode

Sumber :
- http://catatandiankurniawan.blogspot.com/2013/06/pengertian-organisasi.html
- http://www.olarv.com/10-alasan-mengapa-harus-ikut-organisasi-di-bangku-perkuliahan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar