Sistem Informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Keberhasilan suatu sistem informasi yang diukur berdasarkan maksud pembuatanya tergantung pada tiga faktor utama yaitu keserasian dan mutu data,pengorganisasian data,dan tatacara penggunaanya.Untuk memenuhi permintaan penggunaan tertentu maka struktur dan cara kerja sistem informasi berbeda-beda bergantung pada macam keperluan yang harus dipenuhi.Suatu persamaan yang menonjol ialah suatu sistem informasi menggabungkan berbagai ragam data yang dikumpulkan dari berbagai sumber untuk dapat menggabungkan data yang berasal dari berbagai sumber suatu sistem alih rupa (transformation) data sehingga jadi tergabungkan (compatible).Berapapun ukurannya dan apapun ruang lingkupnya suatu sistem informasi perlu memiliki ketergabungan (compatibility) data yang disimpannya.
Berikut pengertian Sistem Informasi menurut beberapa ahli :
- Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian,mendukung operasi,bersifat manajerial,dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
- Menurut Sutabri sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Berdasarkan
pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah
sekumpulan prosedur organisasi yang dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan
yaitu memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan untuk mengendalikan
organisasi.
Informasi
dalam lingkup sistem informasi memiliki beberapa ciri yaitu:
- Baru,informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima
- Tambahan,informasi dapat memperbaharui atau memberikan tambahan pada informasi yang telah ada
- Korektif,informasi dapat menjadi suatu koreksi atas informasi yang salah sebelumnya
- Penegas,informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada
Ada berbagai
cara untuk mengelompokkan sistem informasi.Klasifikasi umum dipakai antara lain
berdasarkan :
• Level
Organisasi
- Sistem Informasi Departemen
- Sistem Informasi Perusahaan
- Sistem Informasi Antar
Organisasi
• Area
Fungsional
- Sistem Informasi Akuntansi
- Sistem Informasi Keuangan
- Sistem Informasi Manufaktur
- Sistem Informasi Sumber Daya
Manusia
- Sistem Informasi Pemasaran
• Dukungan
Yang tersedia
- Sistem Informasi Pemrosesan
Transaksi
- Sistem Informasi Manajemen
- Sistem Informasi Otomasi
Perkantoran
- Sistem Informasi Pendukung
Keputusan
- Sistem Informasi Eksekutif
- Sistem Informasi Kelompok
- Sistem Informasi Cerdas
• Aktivitas
Manajemen
- Sistem Informasi Pengetahuan
- Sistem Informasi Operasional
- Sistem Informasi Manajerial
- Sistem Informasi Strategis
• Arsitektur
Sistem
- Sistem Berbasis Mainframe
- Sistem Komputer Pribadi
- Sistem Tersebar atau Komputasi
Jaringan
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar