Minggu, 11 Oktober 2015

Ciri-ciri,Unsur,dan Teori Organisasi

1. Ciri-ciri Organisasi
            Ciri-ciri dari organisasi secara umum diantaranya :

  • Memiliki tujuan dan sasaran
  • Memiliki komponen yaitu atasan dan bawahan
  • Adanya kerjasama yang terstruktur
  • Memiliki pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
  • Memiliki keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
            Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Formalitas adalah ciri organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan,ketetapan-ketetapan prosedur,kebijaksanaan,tujuan,strategi dan seterusnya
  • Lamanya (Duration) adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama daripada keanggotaan pada organisasi tersebut
  • Besar dan Kompleksnya adalah ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan "gejala birokrasi"
  • Hierarki adalah ciri organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk piramida artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari pada orang biasa dalam organisasi tersebut
            Ciri-ciri dari organisasi modern yaitu :
  • Organisasi bertambah besar
  • Cenderung spesialisasi
  • Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
  • Pengelolaan data semakin cepat
  • Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
  • Penggunaan staf lebih intensif
2. Unsur-unsur Organisasi
            Berikut ini adalah unsur-unsur dari organisasi :
  • Man adalah unsur utama pembentuk organisasi yang disebut sebagai personil atau anggota yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi,para manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers)
  • Kerja Sama adalah unsur organisasi dimana setiap anggota atau personil melakukan perbuatan secara bersama-sama untuk tujuan bersama
  • Tujuan Bersama adalah sasaran yang ingin dicapai atau diharapkan baik dari prosedur,program,pola atau titik akhir dari pekerjaan organisasi tersebut
  • Peralatan (Equipment) adalah sarana dan prasarana yang berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan,materi,uang,dan kelengkapan lainnya
  • Lingkungan (Environment) adalah unsur organisasi yang juga memiliki pengaruh.Faktor tersebut adalah ekonomi,sosial budaya,strategi,kebijaksanaan anggaran,dan peraturan yang telah ditetapkan
  • Kekayaan Alam yang termasuk dengan kekayaan alam adalah air,cuaca,keadaan iklim,flora dan fauna
  • Kerangka/Kontruksi Mental Organisasi adalah landasan dari organisasi yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat
3. Teori Organisasi
            Teori Organisasi adalah suatu teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi,kajiannya yaitu bagaimana caranya membahas bagaimana sebuah organisasi dalam menajalankan fungsi dan menerapkan visi dan misi organisasi tersebut.Lingkungan kerja suatu organisasi dapat mempengaruhi dan terpengaruh oleh orang di dalam suatu organisasi tersebut.
Dalam pembahasan mengenai teori organisasi yang pernah ada dan berlaku dalam sejarah dan perkembangannya hingga sekarang.Teori itu meliputi organisasi klasik,teori organisasi neoklasik,dan teori organisasi modern.
  • Teori Organisasi Klasik

Teori klasik atau disebut juga teori tradisional isinya berupa konsep tentang organisasi dari abad 19,definisi organisasi sebagai struktur hubungan,kekuasaan,tujuan,peranan,kegiatan,komunikasi,dan faktor lain yang terjadi karena terlibat kerja sama antar orang.
Teori ini mempunyai efek yang sama yang berkembang dalam tiga dasar anggapan-anggapan,anggapan tersebut yaitu:
  1. Teori birokrasi      : dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya "The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism"
  2. Teori administrasi  : dikembangkan atas dasar sumbangan Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reiley dari Amerika
  3. Manajemen ilmiah : dikembangkan mulai tahun 1900 oleh Frederick Winslow Taylor
  • Teori Organisasi Neoklasik
Teori Neoklasik adalah teori yang menekankan pada pentingnya aspek psikologis dan sosial,baik sebagai individu dan kelompok dalam lingkungan kerja.Teori Neoklasik adalah teori atau aliran hubungan manusia (The Human Relation Movement).Dalam pembagian kerja,diperlukan hal-hal berikut yang telah dikemukakan teori neoklasik antara lain sebagai berikut :

  1. Partisipasi yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan
  2. Perluasan kerja yaitu sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
  3. Manajemen bottom-up yaitu memberikan kesempatan para junior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak
  • Teori Organisasi Modern
Herbert Simon menandai teori modern dengan lahirnya gerakan contigency yang menyatakan teori organisasi perlu melebihi prinsip-prinsip yang dangkal  dan disederhanakan untuk suatu kajian mengenai kondisi yang dapat diterapkan prinsip saling bersaing.
Katz dan Robert Kahn dalam bukunya “the social psychology of organization” mengungkapkan perspektif organisasi sebagai suatu sistem terbuka.Dalam buku tersebut mendeskripsikan keunggulan-keunggulan perspektif sistem terbuka untuk menelaah hubungan yang penting dari sebuah organisasi dengan lingkungannya dan perlunya organisasi menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang berubah jika organisasi ingin tetap bertahan
Teori modern atau biasa disebut sebagai analisa sistem pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen.Teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan yang di dalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan sistem yang terbuka.

Sumber :
- http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-ciri-manfat-unsur-unsur-organisasi.html
- http://bangbiw.com/ciri-ciri-unsur-dan-teori-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar