- Perubahan Organisasi
- Pengembangan Organisasi
2. Langkah-langkah Perubahan Organisasi
Langkah-langkah dalam mewujudkan perubahan organisasi terdiri dari:
- Mengadakan Pengkajian: Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap organisasi apapun tidak dapat menghindarkan diri dari pengaruh daripada berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi.Perubahan yang terjadi di luar organisasi itu mencakup berbagai bidang antara lain politik,ekonomi,teknologi,hukum,sosial budaya.
- Mengadakan Identifikasi: Yang perlu diidentifikasi adalah dampak perubahan perubahan yang terjadi dalam organisasi.Setiap faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan organisasi harus diteliti secara cermat sehingga jelas permasalahannya dan dapat dipecahkan dengan tepat.
- Menetapkan Perubahan: Sebelum langkah-langkah perubahan diambil,pimpinan organisasi harus yakin terlebih dahulu bahwa perubahan memang harus dilakukan,baik dalam rangka meningkatkan kemampuan organisasi maupun dalam rangka mempertahankan eksistensi serta pengembangan dan pertumbuhan organisasi selanjutnya.
- Menentukan Strategi: Apabila pimpinan organisasi yakin bahwa perubahan benar-benar harus dilakukan maka pemimpin organisasi harus segera menyusun strategi untuk mewujudkannya.
- Melakukan Evaluasi: Untuk mengetahui apakah hasil dari perubahan itu bersifat positif atau negatif perlu dilakukan penilaian.Apabila hasil perubahan sesuai dengan harapan berarti berpengaruh postif terhadap organisasi dan apabila sebaliknya berarti negatif.
- Mengadakan perubahan struktur organisasi.
- Mengubah sikap dan perilaku pegawai.
- Mengubah tata aliran kerja.
- Mengubah peralatan kerja.
- Mengubah prosedur kerja.
- Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar-personal.
Semua kegiatan perencanaan pada dasarnya melalui 4 tahapan
berikut ini:
- Tahap 1 : Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan
Perencanaan dimulai dengan keputusan-keputusan tentang
keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja tanpa rumusan tujuan
yang jelas,organisasi akan menggunakan sumber daya sumber dayanya secara tidak
efektif.
- Tahap 2 : Merumuskan keadaan saat ini
Pemahaman akan posisi perusahaan sekarang dari tujuan yang
hendak dicapai atau sumber daya yang tersedia untuk pencapaian
tujuan adalah sangat penting karena tujuan dan rencana menyangkut waktu yang
akan datang.Hanya setelah keadaan perusahaan saat ini dianalisa,rencana dapat
dirumuskan untuk menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut.Tahap kedua
ini memerlukan informasi terutama keuangan dan data statistik yang didapat
melalui komunikasi dalam organisasi.
- Tahap 3 : Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan
Segala kekuatan dan kelemahan serta kemudahan dan hambatan
perlu diidentifikasikan untuk mengukur kemampuan organisasi dalam mencapai
tujuan.Oleh karena itu,perlu diketahui faktor-faktor lingkungan intren dan
ekstern yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya atau yang mungkin
menimbulkan masalah.Walaupun sulit dilakukan,antisipasi keadaan,masalah,dan
kesempatan serta ancaman yang mungkin terjadi di waktu mendatang adalah bagian
esensi dari proses perencanaan.
- Tahap 4 : Mengembangkan rencana untuk pencapaian tujuan
Tahap terakhir dalam proses perencanaan meliputi
pengembangaan berbagai alternatif kegiatan untuk pencapaian tujuan,penilaian
alternatif-alternatif tersebut,dan pemilihan alternatif terbaik (paling
memuaskan) diantara berbagai alternatif yang ada.
4. Implikasi Manajerial
Implikasi Manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktivitas dengan cara meningkatkan
kapasitas,kualitas,efisiensi,dan efektivitas dari sumber daya yang ada.Para manajer memilih pendekatan
ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang
kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh pihak manajer adalah bagaimana
mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain dengan baik
dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara tersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu
organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi
manajerial di seluruh negara dimana perusahaan itu berada.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar