Struktur organisasi memberikan kerangka yang
menghubungkan wewenang karena struktur merupakan penetapan dan penghubung antar
posisi para anggota organisasi jika seseorang memiliki suatu wewenang maka
dia harus dapat mempertanggungjawabkan wewenangnya tersebut.
1. Dimensi Struktur Organisasi
Empat desain keputusan (pembagian kerja,pendelegasian
kewenangan,pembagian departemen,dan rentang kendali) menghasilkan struktur
organisasi,Para peneliti dan praktisi manajemen berusaha untuk mengembangan
pemahaman mengenai hubungan antar struktur dan kinerja,sikap,keefektifan,dan
variabel lainnya.Secara umum gambaran mengenai struktur meliputi formalisasi,sentralisasi,dan kerumitan.
1. Formalisasi
Formalisasi mengacu derajat dimana segala harapan mengenai
cara dan tujuan pekerjaan dirumuskan,ditulis,dan diberlakukan.Suatu
organisasi yang sangat formal akan membuat prosedur dan aturan yang ketat dalam
setiap kegiatan/pekerjaan di dalam organisasi.Dengan demikian,semakin
formal suatu organisasi maka semakin ketat pula aturan dan prosedur kerja.Formalisasi merupakan hasil dari spesialisasi kerja yang tinggi,pendelegasian
kewenangan yang tinggi,pembagian departemen berdasarkan fungsi,dan luasnya
rentang kendali.
2. Sentralisasi
Sentralisasi merupakan dimensi struktur organisasi yang
mengacu pada derajat dimana kewenangan untuk mengambil keputusan dikuasai oleh
manajemen puncak.
Hubungan sentralisasi dengan empat desain keputusan adalah
sebagai berikut :
- Semakin tinggi spesialisasi kerja maka semakin besar
sentralisasi
- Semakin sedikit kewenangan yang didelegasikan maka semakin besar
sentralisasi
- Semakin besar penggunaan departemen berdasarkan fungsi maka semakin
besar sentralisasi
- Semakin luas rentang kendali maka semakin besar sentralisasi.
3. Kerumitan
Kerumitan adalah suatu struktur organisasi yang
mengacu pada jumlah pekerjaan atau unit yang berbeda dalam organisasi.
2. Departementalisasi
Departementalisasi
merupakan proses penentuan bagian-bagian dalam organisasi yang akan
bertanggungjawab dalam melakukan bermacam jenis pekerjaan yang telah
dikategorikan berdasarkan faktor-faktor tertentu.
Beberapa bentuk departementalisasi sebagai berikut :
1. Fungsi
2. Produk atau jasa
3. Wilayah
4. Langganan
5. Proses atau peralatan
6. Waktu
7. Pelayanan
8. Alpa-numeral
9. Proyek atau matriks
3. Model-model Desain Organisasi
- Model Mekanistik
Model mekanistik yaitu model yang menekankan pentingnya mencapai produksi dan
efisiensi tingkat tinggi.Henry Fayol mengajukan sejumlah prinsip yang
berkaitan dengan fungsi pimpinan untuk mengorganisasi dan empat diantaranya
berhubungan dengan pemahaman model mekanistik yaitu:
a. Prinsip
Spesialisasi yaitu sarana terbaik untuk mendayagunakan tenaga
individu dan kelompok.
b. Prinsip
Kesatuan Arah yaitu semua pekerjaan harus dikelompokkan berdasarkan keahlian.
c. Prinsip
Wewenang dan Tanggung Jawab yaitu manager harus mendapat pendelegasian wewenang
yang cukup untuk melaksanakan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
d. Prinsip Rantai
Skalar yaitu hasil alami dari pelaksanaan ketiga prinsip sebelumnya adalah
rantai tingkatan manajer dari peringkat wewenang paling tinggi sampai dengan
peringkat paling rendah.
- Model Organik
Model organik yaitu menekankan pada pentingnya mencapai keadaptasian dan
perkembangan tingkat tinggi.Desain organisasi ini kurang mengandalkan
peraturan dan prosedur,wewenang yang disentralisasikan atau spesialisas yang
tinggi.
Karakteristik dan praktek organisasi yang mendasari model organik
sama sekali berbeda dari karakteristik dan praktek yang mendasari model
mekanistik.Perbedaan yang paling mencolok antara kedua model itu berasal dari kriteria suatu keefektifan berbeda yang ingin diusahakan sebesar-besarnya oleh
masing-masing model.Jika model mekanistik berusaha untuk mencapai efisiensi
dan produksi secara maksimum maka model organik berusaha untuk mencapai
keluwesan dan keadaptasian yang maksimum.Organisasi organik bersifat luwes dan
dapat beradaptasi dengan tuntutan perubahan lingkungan karena desain
organisasinya mendorong untuk lebih mendayagunakan potensi manusia.
4. Implikasi Manajerial Desain dan Struktur Organisasi
Dapat menghasilkan struktur atau susunan yang berkualitas
didalam suatu organisasi karena ada teori yang mengatakan posisi adalah
kualitas maka setiap orang yang menempati posisi yang ia kuasai dalam suatu
organisasi akan menghasilkan kontribusi besar dalam suatu organisasi tersebut.Itulah alasan mengapa diperlukan implikasi manajerial desain dan struktur
organisasi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar