Sabtu, 03 Oktober 2015

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode 2

2. Manajemen dan Organisasi

            Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Pengertian manajemen adalah suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan.
Pengertian manajemen juga dipandang sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi.

Proses Fungsi Manajemen
Pada umumnya ada beberapa proses dan fungsi yang biasa diimplementasikan dalam kegiatan manajemen diantaranya :
  • Perencanaan

       Perencanaan merupakan suatu proses yang meliputi upaya yang dijalankan guna mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi maupun taktik yang tepat guna merealisasikan tujuan dan target organisasi.
  • Pengorganisasian

       Pengorganisasian merupakan suatu proses yang meliputi bagaimana taktik serta strategi yang sudah dirumuskan pada saat tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh,sesuai,dan lingkungan yang kondusif serta bisa memberikan kepastian bahwa pihak-pihak yang ada didalam organisasi bisa bekerja secara efisien dan efektif untuk pencapaian tujuan yang ditetapkan.
  • Pengarahan

       Pengarahan merupakan tahap dimana program diimplementasikan supaya bisa dilakukan oleh semua pihak dalam sebuah organisasi dan juga proses  memotivasi supaya pihak-pihak tersebut bisa melaksanakan tanggungjawab dengan kesadaran penuh dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.
  • Pengendalian

       Pengendalian merupakan proses yang dijalankan guna rangkaian aktivitas-aktivitas kegiatan yang sudah direncanakan,diorganisasikan serta diimplemantasikan dipastikan berjalan dengan semestinya sesuai target yang telah diharapkan.

Hubungan Manajemen dan Organisasi
            Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan.Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.Jadi,dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi,demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.

3. Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana agar sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis,disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
  • Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
  • Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan
  • Menjamin adanya pembagian kerja,waktu,dan koordinasi yang tepat
Hubungan Manajemen dan Tata Kerja
Manajemen dan Tata Kerja merupakan faktor utama dalam tercapainya target seperti manajemen yang teroganisir dan tata kerja yang terencana dengan baik akan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditetapkan.

4. Manajemen,Organisasi,dan Tata Kerja
Hubungan Manajemen,Organisasi,dan Tata Kerja
Hal ini tentang bagaimana caranya seorang manager memanajemen bawahannya melalui beberapa proses perancaan seperti yang dikatakan Mary Parker Follet manajer harus mempersiapkan proses perencanaan,pengorganisasian,pengkoordinasian,dan pengontrolan sumber daya.Lalu sekarang pembagian tugas yang diberikan ke organisasi untuk mendapatkan  hasil yang baik dengan cara bekerja sama dan perencanaan tata kerja harus mencapai tingkat efesien dan maksimal.

Sumber :
- http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-manajemen-fungsi-manajemen.html#
- http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-manajemen.html
- http://windsaga.blogspot.co.id/2011/03/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html
- http://avanza250.wordpress.com/2010/11/20/organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/
- http://bangbiw.com/pengertian-tentang-organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar