Sabtu, 24 Oktober 2015

Tulisan 5: Bagaimana Perkembangan Media Komunikasi dan Informasi pada Keamanan?

            Dalam era digital,komunikasi melalui jaringan komputer memegang peranan penting.Melalui komunikasi elektronik seseorang dapat melakukan transaksi atau komunikasi dengan sangat cepat dan praktis.Hal ini merupakan pengaruh dari perkembangan yang sangat signifikan dalam teknologi informasi dimana bandwidth internet yang semakin besar dengan biaya akses yang semakin murah.
Konsekuensinya adalah resiko dalam keamanan informasi semakin meningkat.Keamanan data adalah perlindungan data di dalam suatu sistem melawan terhadap otorisasi tidak sah,modifikasi,atau perusakan dan perlindungan sistem komputer terhadap penggunaan tidak sah atau modifikasi.
Ada empat aspek utama dalam keamanan data dan informasi yaitu:
  1. Privacy/Confidentiality yaitu usaha menjaga data informasi yang bersifat pribadi dari orang yang tidak berhak mengakses
  2. Integrity yaitu usaha untuk menjaga data atau informasi tidak diubah oleh yang tidak berhak
  3. Authentication yaitu usaha atau metode untuk mengetahui keaslian dari informasi misalnya apakah informasi yang dikirim dibuka oleh orang yang benar atau layanan dari server yang diberikan benar berasal dari server yang dimaksud
  4. Availability berhubungan dengan ketersediaan sistem dan data (informasi) ketika dibutuhkan

Keamanan data dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu keamanan fisik dan keamanan sistem. Keamanan fisik merupakan bentuk keamanan berupa fisik dari server,terminal/client router sampai dengan cabling.Sedangkan keamanan sistem adalah keamanan pada sistem pengoperasiannya atau lebih khususnya pada lingkup perangkat lunak,misalnya dengan penggunaan kriptografi dan steganografi.
Media telah menjadi bagian dari eksistensi manusia sejak manusia itu ada.Manusia sendiri merupakan media yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi dan perasaan melalui bagian-bagian tubuhnya.Lama-kelamaan manusia sadar bahwa ia memiliki keterbatasan sehingga manusia mulai memikirkan cara-cara baru dalam menyampaikan pesan maka ditemukanlah media.Media untuk menyampaikan pesan ini pun berkembang dari media yang hanya bersifat interpersonal menjadi media massa.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data,termasuk memproses,mendapatkan,menyusun,menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yaitu informasi yang relevan,akurat,dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi,bisnis,dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data,sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan,dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir,kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e,seperti e-commerce,e-government,e-education,e-library,e-journal,e-medicine,e-laboratory,e-biodiversitiy dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi.Sayang sekali masalah keamanan ini sering kali kurang mendapat perhatian dari para pemilik & pengelola sistem informasi.Seringkali masalah keamanan berada di urutan kedua,bahkan di urutan terakhir dalam daftar hal-hal yang dianggap penting.Apabila menggangu performansi dari sistem,seringkali keamanan dikurangi/ditiadakan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar