Sabtu, 31 Oktober 2015

Tulisan 6: Bagaimana Peran dan Pemanfaatan Teknologi Informasi di Bidang Transportasi?

            Transportasi merupakan pemindahan manusia/barang dari satu tujuan ke tujuan lainnya menggunakan alat yang digerakkan manusia atau mesin.Dibeberapa negara maju telah menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi.Para penduduk disana jarang yang memiliki kendaraan pribadi,sebagian besar dari mereka menggunakan angkutan umum sebagai transportasi.
Transportasi sendiri dibagi tiga yaitu transportasi darat,laut,dan udara.Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya.Selain itu,transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.
  • Pada transportasi darat di kota-kota besar dunia,sistem komputer digunakan untuk membantu mengarahkan lalu lintas.Sistem Komputer dapat menentukan apakah lampu harus berwarna merah,kuning,atau hijau tergantung pada keadaan lalu lintas.Demikian juga pengaturan lalu lintas kereta untuk menentukan jalur yang harus dilalui kereta sehingga mengurangi resiko kecelakaan.
  • Pada transportasi laut sistem navigasi kapal but sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.
  • Pada transportasi udara sangat  membutuhkan bantuan sistem komputer,sistem komputer yang ada di ruang pilot digunakan untuk mengendalikan pesawat. Mulai dari lepas landas, saat terbang,sampai saat pendaratan.Dengan sistem komputer,pilot dapat mengatur kendali pesawat,menentukan posisi pesawat,menghitung  ketinggian,mengatur kecepatan,mengetahui bahan bakar,bahkan mendeteksi secara dini keadaan cuaca yang dapat membahayakan pesawat terbang.
Oleh karena itu,tanpa Teknologi Informasi dan Komunikasi kita tidak bisa berkerja dengan lebih baik karena kemampuan kerja kita sangat terbatas tanpa bantuan teknologi.Teknologi sangat berguna dalam kehidupan kita dan dapat membuat kehidupan kita menjadi lebih maju.
Intelligent Transportation Systems (ITS) teknologi mempunyai alat yang signifikan untuk meningkatkan efisiensi serta keselamatan transportasi.ITS memakai berbagai teknologi maju dan aplikasi guna meningkatkan keselamatan dalam transportasi,menyediakan informasi perjalanan ke pengguna sistem agar lebih efektif mengelola sistem transportasi.
The Oregon ITS Rencana Strategis memiliki tujuan yaitu :
  • Meningkatkan semua produktivitas sistem pengguna transportasi
  • Meningkatkan keselamatan dalam transportasi
  • Meningkatkan efisiensi sistem dalam transportasi
  • Meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas transportasi
  • Meningkatkan antar moda koneksi transportasi
  • Mempromosikan tanggung jawab di lingkungan dan menghemat penggunaan energi


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar